wisata jawa tengah

Berbagai Macam Bangunan Ikonik Dunia Ada Di Purwokerto

Wisata Edukasi di Baturraden: Small World Purwokerto

 

Dikutip https://pokertiam.co/situs-poker-online-terpopuler/ Small World Purwokerto merupakan sebuah tempat wisata baru di Baturraden, Kabupaten Banyumas, tepatnya di Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Baturraden. Konsep dari tempat wisata ini adalah wisata edukasi untuk mengenalkan berbagai bangunan ikonik di seluruh dunia dalam bentuk miniatur. Selain dibuat menyerupai bentuk aslinya, di sebelahnya diberikan papan informasi mengenai bangunan tersebut.

Gue berangkat ke Small World Purwokerto bareng Ayu, ceuceu (kakak perempuan dalam bahasa sunda) dan keponakan-keponakan. Perjalanan dari rumah gue menuju Baturraden memakan waktu sekitar 2 jam.

 

Sampai di perempatan Baturraden dekat rumah makan pring sewu, kita belok kiri, ikutin jalan sampai beberapa ratus meter. Lokasi Small World Purwokerto (SWP) di sebelah kanan. Lokasinya mudah dikenali dengan jajaran warung-warung penjual makanan di depannya. Mobil diparkirkan dan harus membayar biaya parkir di awal. Lalu menuju loket untuk pembelian tiket. Dan terakhir sebelum masuk harus menunjukkan tiket di pintu masuk untuk dicap di tangan.

 

Hal pertama yang musti dilakukan jika sedang piknik bareng keluarga gini adalah…. mencari tempat peristiharatan untuk menaruh barang bawaan. Kami pun segera mencari pondok-pondok yang disediakan dengan jumlah yang cukup banyak untuk para pengunjung. Sayang sekali semua pondok penuh, padahal ini hari Kamis lho. Beruntung ada 1 keluarga yang meninggalkan pondok dan kami pun mengisinya.

Keponakan-keponakan gue yang masih kecil begitu antusias ketika mencari spot-spot bermain. Ceuceu hanya duduk mengawasi anak-anak kecil dari pondok. Ayu dan Lindi nemenin anak-anak kecil, sedangkan gue sibuk berkeliling memotret setiap miniatur bangunan ikonik dunia.

Daya Tarik Small World Purwokerto 

Kalau dikelompokkan, setidaknya ada 5 hal menarik di SWP:

  1. Miniatur bangunan-bangunan ikonik dunia
  1. Tempat persewaan baju tradisional
  2. Miniatur bangunan-bangunan ikonik Indonesia
  3. Area bermain anak-anak yang tersebar di beberapa titik
  4. Area taman yang juga bagus untuk selfie
  5. Udara segara pegunungan

Unggulan utamanya tentu miniatur bangunan-bangunan ikonik dunia. Pengunjung akan disuguhi berbagai miniatur bangunan paling ikonik di dunia dari berbagi negara di semua benua, seperti patung liberty, menara eiffel, piramida, dan masih banyak lagi.

 

Di antara miniatur bangunan Jepang dan Korea, terdapat persewaan baju tradisional. Entah baju apa saja yang disewakan. Tetapi saat itu gue beberapa ibu-ibu menyewa baju (entah) Korea atau Jepang dan berfoto di lokasi rumah Korea.

 

Walau tak lengkap, tetapi SWP juga menyajikan miniatur bangunan dari beberapa tempat di Indonesia, ada Monas, rumah gadang, rumah honai, dan lain-lain..

 

Miniatur-miniatur tersebut terbuat dari bahan kayu. Di sebelah masing-masing miniatur terdapat informasi mengenai bangunan tersebut. Tentu ini menjadi nilai lebih karena selain indah dan unik, juga bisa menjadi media pembelajaran buat anak-anak.

 

Wahana bermain untuk anak kecil juga lumayan banyak di sini. Malah justru ini yang menjadi daya tarik utama bagi anak-anak di bawah 10 tahun, dibandingkan dengan miniatur bangunan dunianya.

Tempat menarik lainnya adalah sebuah taman cantik tepat setelah kita memasuki area SWP. Terdapat kebun bunga plastik warna-warni yang sangat fotogenik, juga beberapa media cantik untuk berfoto.

 

Keunggulan lain dari Small World Purwokerto adalah udaranya yang masih segar. Tentu saja, karena lokasi SWP juga berada di Baturraden yang sejuk, di kaki Gunung Slamet..

Fasilitas Pendukung

Sebagai tempat wisata yang dirancang untuk wisata keluarga, Small World Purwokerto mempunyai fasilitas cukup lengkap. Di area ini terdapat toilet yang bersih, mushola, dan warung-warung penjual makanan. Jadi kalau kalian ke sini enggak bawa bekal, tenang saja, banyak pilihan makanan yang dijajakkan di sini.

Curug Bayan

Tak jauh dari Small World Purwokerto, terdapat beberapa air terjun (curug) yang siap menyegarkan kalian yang kepanasan setelah seharian “keliling dunia”, seperti curug bayan, curug penganten, curug muntu, curug jenggala. Yang paling dekat adalah curug bayan, sehingga waktu yang tersisa kami manfaatkan untuk melipir ke curug bayan.

Curug Bayan mudak dijangkau, setelah memarkir mobil, kita harus berjalan kaki kira-kira sejauh 100m. Tiket masuknya Rp3.000/orang dan parkir mobil Rp5.000.

Curug Bayan tidak terlalu tinggi, tetapi cukup cantik untuk foto-foto selfie.. Dan jangan lupa udara di sekitarnya yang sejuk bisa merefresh pikiran. So kalau kalian main ke Small World Purwokerto, jangan lewatkan juga curug yang satu ini.

Hari beranjak sore. Sebelum gelap, kami meninggalkan Baturraden. Cukup melelahkan seharian ini telah “mengelilingi dunia” di Small World Purwokerto, dan ditutup dengan sejuk dan asrinya area sekitar air terjun ……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *